Jangan Asal Pilih, Inilah 2 Tips Penting dalam Memilih Masker untuk Aktivitas Sehari-Hari

  • Whatsapp

jangan-asal-pilih-inilah-2-tips-penting-dalam-memilih-masker-untuk-aktivitas-sehari-hari

Himbauan untuk memakai masker saat keluar rumah harus ditaati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Atas dasar hal tersebut kebutuhan masker meningkat drastis. Untuk memenuhi permintaan yang tinggi, banyak masyarakat yang mulai membuka usaha jual masker kain. Diimbangi dengan produksi yang bertambah, permintaan masker dari masyarakat dapat terpenuhi.

Read More

Jenis masker yang dianjurkan pun berbeda antara tenaga medis dengan masyarakat. Tenaga medis dan orang sakit sangat dianjurkan untuk memakai surgical mask sekali pakai. Sedangkan untuk masyarakat yang dalam kondisi sehat disarankan untuk memakai masker non medis seperti masker kain.

Memilih Masker untuk Beraktivitas

Protokol kesehatan new normal atau normal baru sudah diterapkan oleh pemerintah. Tentunya protokol tersebut harus ditaati. Masker sebagai salah satu perlengkapan wajib yang harus dipakai kini hadir dengan berbagai bentuk, motif dan bahan. Anda dapat memilih masker tersebut berdasarkan aktivitas yang akan Anda lakukan. Berikut tips memilih masker yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli masker baru.

1. Warna Masker

Ketika Anda bepergian di alam terbuka, lebih baik Anda memilih masker yang mempunyai warna kontras dengan warna alam. Jangan memakai masker berwarna hijau, hitam atau coklat. Alasannya adalah mempermudah menemukan keberadaan Anda jika terjadi hal yang tidak diinginkan selama beraktivitas.

Hal tersebut berbeda jika Anda beraktivitas di kantor. Pilihlah masker yang senada dengan pakaian atau masker berwarna netral seperti warna hitam. Jika Anda berhijab lebih baik menggunakan model masker hijab daripada masker dengan kaitan di telinga.

2. Bahan Masker

Menentukan bahan masker juga penting selain menentukan warnanya. Ada beragam jenis bahan masker non medis yang bisa Anda gunakan. Mulai dari wolfis hingga kain katun. Hindari masker yang menggunakan bahan polyester, spandeks dan tenun.

Selain itu, hindari pula masker dengan bahan kain yang susah kering atau kain yang mudah lembab. Sebab kedua sifat kain tersebut lebih mudah digunakan kuman untuk berkembang biak. Untuk memilih masker kain dari orang yang jual masker kain, Anda dapat bertanya terlebih dahulu jenis kain yang digunakan. Jangan sungkan untuk menanyakan kebersihan dan kualitas kain masker yang akan Anda beli.

Untuk memilih masker yang sesuai, Anda bisa memulai dengan memilih toko atau orang yang jual masker kain. Mengapa harus masker kain? Sebab masker medis ditujukan kepada tenaga medis yang harus berjuang di garda terdepan untuk menangani kasus Covid-19. Setelah Anda membeli masker tersebut, pastikan Anda mengetahui bagaimana perawatannya.

Masker kain harus rutin dicuci setiap hari, jangan menunggu terlihat kotor akibat debu. Selain itu, jika masker sudah dirasa rusak atau mengalami penurunan fungsi maka segera ganti dengan masker terbaru sehingga kesehatan tetap terjaga karena masker yang digunakan terjamin kualitasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *