Ingin Menjadi Eksportir, Persiapkan Hal Ini!

Pemerintah Indonesia terus menggalakkan program mengentaskan kemiskinan dan mendukung kemunculan industri di nusantara. Sumber daya alam yang potensial memerlukan SDM terampil untuk mengembangkan negeri sebagai penghasil komoditi alam terbesar di dunia. Demi mendukung perekonomian yang semakin baik, kemudahan ekspor barang ke luar negeri bisa menjadi angin segar pelaku usaha. Anda yang hendak kirim barang ke Malaysia, sebaiknya perhatikan tips menjadi eksportir pemula berikut!

Read More

7 cara menjadi eksportir bagi pemula

Sebagai pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnis ke kancah internasional, Anda wajib mencari informasi lengkap terkait tips sukses mengekspor produk ke luar negeri yaitu :

1. Miliki produk ekspor yang potensial

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah memiliki produk ekspor yang potensial di pasar luar negeri. Anda harus mengetahui bahwa produk yang siap kemas harus memiliki masa expired minimal 6 bulan dari produksi.

2. Menentukan negara tujuan

Pastikan bahwa produk yang Anda hasilkan memiliki potensi di negara tujuan, misalnya kirim barang ke Malaysia, Singapura atau negara tetangga lain. Segmentasi pasar yang sesuai dengan produk harus Anda perhatikan agar bisa laris di negara tersebut.

3. Memiliki website berkualitas

Website merupakan ladang penghasilan untuk menyasar konsumen dari luar negeri. Anda harus memastikan performa yang berkualitas sehingga pengunjung puas mengakses website Anda. Katalog produk, desain website, konten berbasis SEO, dan fitur menarik lain harus bisa diakses dengan baik. Website yang bisa diakses dengan bahasa Inggris akan mempermudah strategi pemasaran usaha Anda.

4. Lengkapi dokumen ekspor

Ekspor produk ke luar negeri dalam jumlah banyak memerlukan dokumen yang harus Anda lengkapi jauh-jauh hari. Sebagai pemula yang hendak ekspor barang, Anda wajib melengkapi dokumen usaha seperti NPWP, invoice, jenis barang yang hendak dikirimkan, pajak, dan sebagainya.

5. Menggunakan fasilitas pemerintah

Untuk mengecek segala aturan atau kebijakan terkait perdagangan ke luar negeri, Anda bisa mengakses informasi lewat online di situs resmi Kemenperin Indonesia. Berbagai daftar barang yang dilarang ekspor ke luar negeri tertera lengkap untuk meminimalisir risiko kerugian bila Anda berencana ekspor ke negara tertentu.

6. Gunakan media sosial dan marketplace internasional

Untuk menyasar pasar luar negeri yang luas, Anda bisa memaksimalkan promosi di media sosial dan marketplace kelas internasional seperti Alibaba atau Amazon. Tidak menutup kemungkinan bisnis Anda semakin berkembang pesat hingga ke berbagai negara di benua lain.

7. Mengikuti pameran ekspor

Ikuti pameran ekspor yang memberikan potensi produk Anda dilirik pengusaha dari negara tujuan. Wawasan dan jaringan antar negara yang semakin luas akan membuat bisnis Anda semakin besar kemudian hari, lho!

Yuk, coba peluang bisnis ke luar negeri dengan menjadi salah satu eksportir besar di Indonesia! Jasa kirim barang ke Malaysia bisa menjadi rekanan bisnis Anda yang menjamin paket pengiriman luar negeri biasa atau masuk kategori kargo skala besar aman sampai tangan penerima.

Sumber

https://www.harmony.co.id/blog/bagaimana-cara-menjalankan-bisnis-ekspor-untuk-pemula

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *